Bagaimana Mengobati Flu

Bagaimana Mengobati Flu?

Influenza, lebih dikenal sebagai flu, adalah infeksi virus yang terutama menyerang sistem pernapasan (hidung, sinus, tenggorokan, dan paru-paru).  Meskipun pada kebanyakan orang penyakitnya hanya berlangsung satu atau dua minggu, flu bisa sangat berbahaya, terutama untuk anak-anak, orang tua, dan orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah atau kondisi medis kronis. Mendapatkan vaksin flu setiap tahun adalah cara terbaik untuk mencegah terserang flu, tetapi jika Anda sakit, Anda akan belajar cara mengobati gejalanya.

Kenali gejala flu. Sebelum Anda dapat mengobati flu secara efektif, pastikan itulah yang sebenarnya Anda miliki. Gejala flu mirip dengan gejala flu sehari-hari, tetapi lebih parah dan terjadi lebih cepat. Mereka bisa bertahan dua hingga tiga minggu. Berikut ini adalah gejala umum flu:

    Batuk, sering parah.
    Sakit tenggorokan, dan banyak mengi.
    Demam di atas 100 ° F (38 ° C).
    Sakit kepala dan / atau sakit tubuh.
    Hidung meler atau pengap.
    Menggigil dan berkeringat.
    Kelelahan atau kelemahan.
    Sesak napas.
    Kehilangan selera makan.
    Mual, muntah, dan / atau diare (lebih sering terjadi pada anak kecil).

Bedakan antara flu dan pilek . Sementara flu menunjukkan beberapa gejala yang mirip dengan pilek biasa, gejala pilek berkembang lebih lambat dan mengikuti pola eskalasi dan mundur yang dapat diprediksi.  Gejala flu biasa biasanya berlangsung kurang dari satu atau dua minggu dan termasuk:

    Batuk ringan.
    Derajat rendah atau tanpa demam.
    Nyeri ringan atau sakit kepala.
    Kemacetan.
    Hidung meler atau pengap.
    Gatal atau sakit tenggorokan.
    Bersin.
    Mata berair.
    Kelelahan ringan atau tidak.


Bedakan antara flu dan “flu perut. ”Apa yang biasa disebut“ flu perut ”sebenarnya bukanlah influenza sama sekali, tetapi sejenis virus gastroenteritis. Flu mempengaruhi sistem pernapasan Anda, sedangkan "flu perut" memengaruhi usus Anda dan biasanya penyakit yang kurang serius. Gejala umum gastroenteritis virus meliputi:

    Diare berair.
    Kram perut dan nyeri.
    Kembung
    Mual dan / atau muntah.
    Sakit kepala ringan dan sesekali dan / atau sakit tubuh.
    Demam ringan.
    Gejala virus gastroenteritis biasanya hanya bertahan satu atau dua hari tetapi bisa bertahan hingga 10 hari.

Tahu kapan harus mencari perawatan medis darurat. Dalam kasus yang ekstrem, flu dapat menyebabkan dehidrasi parah atau gejala yang cukup parah sehingga memerlukan rawat inap. Cari perawatan medis segera jika Anda atau anak Anda mengalami gejala-gejala berikut:

    Napas pendek atau sulit bernapas.
    Nyeri atau tekanan di dada.
    Parah, muntah terus-menerus.
    Pusing atau kebingungan.
    Warna kulit kebiruan atau bibir keunguan.
    Kejang.
    Tanda-tanda dehidrasi (misalnya, selaput lendir kering, lesu, mata cekung, buang air kecil berkurang atau urin sangat gelap).
    Sakit kepala parah atau sakit leher atau kaku.
    Gejala mirip flu membaik, lalu kambuh lagi.

Mengobati Gejala Flu dengan Obat Alami
Istirahatlah. Terkadang mungkin untuk tetap bekerja atau pergi ke sekolah dengan flu, tetapi ketika Anda terserang flu, penting untuk beristirahat. Luangkan beberapa hari untuk memberi waktu tubuh Anda pulih.

    Karena flu itu menular, tinggal di rumah sama perhatiannya dengan yang diperlukan untuk pemulihan Anda.
    Anda mungkin mengalami kemacetan dengan flu. Mengangkat kepala Anda dengan bantal tambahan atau tidur di kursi malas dapat membuatnya lebih mudah untuk bernapas di malam hari.

Tetap terhidrasi. Memiliki demam menyebabkan dehidrasi, jadi penting untuk minum lebih banyak cairan daripada biasanya, untuk memerangi penyakit.

    Minumlah cairan panas seperti teh atau air hangat dengan lemon. Ini menenangkan tenggorokan Anda dan membersihkan sinus Anda saat menghidrasi Anda.
    Hindari minuman berkafein, alkohol, dan soda. Pilih cairan yang akan mengembalikan nutrisi dan mineral tubuh Anda, bukan menghabiskannya.
    Minumlah sup panas. Anda mungkin mengalami mual dan kurang nafsu makan selama penyakit flu. Minum sup panas atau kaldu adalah cara yang baik untuk memasukkan makanan ke dalam sistem Anda tanpa mengganggu perut Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa sup ayam sebenarnya dapat mengurangi peradangan pada saluran pernapasan Anda, jadi jika Anda merasa cukup sehat, makan satu atau dua mangkuk bisa sangat membantu.
    Jika Anda juga muntah, Anda mungkin mengalami ketidakseimbangan elektrolit. Gunakan larutan rehidrasi oral seperti Ceralyte atau minuman olahraga yang mengandung elektrolit untuk mengisi kembali tubuh Anda.

Ambil suplemen vitamin C. Vitamin C sangat penting untuk mendukung kesehatan kekebalan tubuh Anda. Studi menunjukkan bahwa "megadose" vitamin C dapat membantu meredakan gejala pilek dan flu.

    Ambil 1000mg per jam selama enam jam pertama segera setelah gejala muncul. Kemudian ambil 1000mg tiga kali sehari. Jangan terus mengonsumsi vitamin C dosis sangat tinggi setelah Anda merasa lebih baik, karena keracunan vitamin C jarang terjadi tetapi dapat terjadi.
    Jus jeruk adalah sumber vitamin C alami yang baik tetapi tidak dapat memberikan megadosa.
    Bicaralah dengan dokter anak Anda sebelum memberikan vitamin C dosis tinggi kepada anak Anda.

Sering membersihkan lendir dari hidung Anda . Ketika Anda tersumbat, penting untuk membersihkan lendir pernapasan Anda sesering mungkin, untuk mencegah infeksi sinus atau telinga. Bersihkan lendir dengan cara berikut:

    Tiup hidungmu. Ini sederhana, tetapi efektif: tiup hidung Anda sesering mungkin menyumbat untuk menjaga pernapasan Anda tetap bebas.
    Gunakan neti pot . Pot neti adalah metode alami untuk membersihkan saluran hidung Anda.
    Mandi air panas. Uap dari air membantu melonggarkan lendir.
    Pelembab ruangan atau vaporizer di kamar Anda bisa membuat pernapasan menjadi lebih mudah.
    Gunakan semprotan saline hidung. Anda juga bisa membuat semprotan atau tetes salin hidung sendiri

Gunakan bantal pemanas. Aplikasi panas membantu meringankan rasa sakit dan nyeri yang datang dengan penyakit flu. Gunakan bantal pemanas listrik atau isi botol air panas dan letakkan di dada atau punggung, di mana pun Anda merasa sakit. Pastikan untuk tidak terlalu panas karena akan membakar kulit Anda atau membiarkannya terlalu lama. Jangan pernah tidur dengan bantal pemanas atau botol air panas di tubuh Anda.

Meringankan gejala demam dengan kain dingin. Anda dapat meredakan ketidaknyamanan gejala demam dengan meletakkan lap dingin yang lembab di kulit di mana pun Anda merasa demam.  Ini juga bisa membantu meredakan hidung tersumbat saat dioleskan ke dahi dan di sekitar mata.

    Bantalan gel yang dapat digunakan kembali dapat ditemukan di sebagian besar toko obat dan juga dapat membantu Anda merasa lebih dingin.
    Untuk mendinginkan anak dengan demam lebih dari 102 ° F atau anak yang sangat tidak nyaman dengan demam, oleskan handuk basah dingin ke dahi untuk menurunkan suhu tubuh.

Berkumurlah dengan air garam. Solusi air garam sederhana dapat meredakan sakit tenggorokan, yang berhubungan dengan flu. Campurkan satu sendok teh garam dengan satu cangkir air hangat.

    Berkumurlah sekitar satu menit. Lalu keluarkan airnya. Jangan menelan kumur air asin.

Cobalah obat herbal. Hanya ada bukti ilmiah terbatas untuk sebagian besar pengobatan herbal untuk flu. Namun, Anda mungkin menemukan beberapa bantuan dari salah satu solusi ini. Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengambil obat herbal jika Anda minum obat apa pun, memiliki kondisi medis kronis, atau merawat anak.

    Ambil 300mg Echinacea tiga kali sehari. Echinacea dapat membantu mempersingkat durasi gejala Anda. Wanita hamil dan menyusui, orang yang menggunakan obat imunosupresan, dan orang yang alergi terhadap ragweed tidak boleh menggunakan echinacea.
    Ambil 200 mg ginseng Amerika setiap hari. Ginseng Amerika (yang tidak sama dengan ginseng Siberia atau Asia) dapat membantu membuat gejala flu lebih ringan.
    Ambil 4 sendok makan Sambucol per hari, ekstrak elderberry. Sambucol telah bekerja dengan baik dalam mempersingkat durasi flu. Anda juga bisa menyeduh teh elderberry dengan merendam 3-5g bunga elder kering dalam 8 ons air mendidih selama 10 hingga 15 menit. Saring dan minum tiga kali sehari.

Coba perawatan uap kayu putih. Perawatan uap kayu putih dapat membantu meredakan batuk atau tersumbat. Tambahkan 5 hingga 10 tetes minyak kayu putih ke dua cangkir air mendidih. Biarkan mendidih selama satu menit, lalu angkat.

    Pindahkan pot ke permukaan yang stabil, seperti meja atau meja.
    Tutupi kepala Anda dengan handuk bersih dan letakkan kepala Anda di atas panci. Jaga wajah Anda setidaknya 12 inci dari air untuk menghindari luka bakar.
    Tarik napas uap selama 10 hingga 15 menit.
    Anda bisa menggunakan minyak peppermint atau spearmint sebagai pengganti kayu putih jika Anda mau. Bahan aktif dalam mint, mentol, adalah dekongestan yang sangat baik.
    Jangan mengkonsumsi minyak esensial apa pun secara internal. Banyak yang beracun saat tertelan.

Beli obat bebas untuk mengobati gejala. Gejala flu yang paling umum dapat diobati secara efektif dengan obat yang dapat Anda ambil di toko obat setempat. Mintalah dokter atau apoteker Anda untuk merekomendasikan obat yang tepat untuk Anda terutama jika Anda memiliki masalah medis seperti tekanan darah tinggi, hati, atau masalah ginjal, minum obat lain, atau sedang hamil. Perlu diingat ini hanya akan mengobati gejala dan bukan obat antivirus.

    Nyeri dan nyeri flu dapat diobati dengan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen dan aspirin, atau penurun demam dan pereda nyeri seperti Tylenol (acetaminophen). Pastikan untuk memeriksa paket untuk dosis yang direkomendasikan. Aspirin tidak boleh diberikan kepada anak di bawah 18 tahun.
    Ambil antihistamin dan dekongestan untuk mengobati kemacetan.
    Ambil ekspektoran dan penekan batuk untuk mengobati batuk. Jika batuk Anda kering dan meretas, penekan batuk yang mengandung dekstrometorfan adalah pilihan terbaik. Namun, jika batuk Anda mengeluarkan lendir, ekspektoran yang mengandung guaifenesin adalah pilihan yang lebih baik untuk membuat batuk Anda lebih produktif.
    Berhati-hatilah untuk menghindari overdosis asetaminofen. Banyak obat yang mengandung bahan aktif yang sama, jadi baca label dengan hati-hati.  Ikuti petunjuk dosis pada kemasan dan jangan melebihi dosis yang disarankan.

Beri anak dosis yang benar. Gunakan asetaminofen atau ibuprofen anak-anak untuk anak-anak. Ikuti petunjuk pada kemasan untuk dosis yang benar. Anda dapat bergantian antara acetaminophen dan ibuprofen jika demam anak Anda tidak merespons hanya satu, tetapi pastikan Anda tetap melacak kapan Anda memberikan setiap obat.

    Anda juga dapat berkonsultasi dengan pedoman di MedlinePlus, yang dijalankan oleh Perpustakaan Kedokteran Nasional AS. Mereka memiliki pedoman untuk ibuprofen dan asetaminofen.
    Jangan berikan ibuprofen kepada anak-anak yang muntah atau mengalami dehidrasi.
    Jangan pernah memberi anak lebih muda dari 18 aspirin. Ini meningkatkan risiko mengembangkan sindrom Reye.


Minum obat resep. Jika Anda memutuskan untuk pergi ke dokter untuk mendapatkan bantuan mengobati penyakit Anda, Anda mungkin akan diresepkan salah satu obat berikut, tergantung pada jenis flu yang beredar. Obat-obatan ini dapat membantu mengurangi gejala dan memperpendek penyakit jika diminum dalam waktu 48 jam:

    Oseltamivir (Tamiflu) dikonsumsi secara oral. Tamiflu adalah satu-satunya obat flu yang disetujui oleh FDA untuk digunakan pada anak di bawah 1 tahun.
    Zanamivir (Relenza) dihirup. Ini dapat diambil oleh orang yang berusia 7 tahun atau lebih.  Ini tidak boleh digunakan pada orang yang menderita asma atau masalah paru-paru tertentu lainnya.
    Peramivir (Rapivab) diberikan melalui IV. Ini dapat digunakan oleh orang berusia 18 tahun ke atas.
    Amantadine (Symmetrel) dan rimantadine (Flumadine) digunakan untuk mengobati influenza A, tetapi banyak jenis flu (termasuk H1N1) sekarang resisten terhadap mereka dan obat-obatan ini biasanya tidak diresepkan.

Pahami bahwa antibiotik tidak akan mengobati flu. Influenza adalah penyakit karena virus. Jika Anda membutuhkannya, dokter Anda akan meresepkan obat antivirus seperti Tamiflu. Jangan minum antibiotik untuk flu.

    Kadang-kadang, Anda mungkin memiliki infeksi bakteri di samping flu, dalam hal ini dokter Anda mungkin meresepkan antibiotik. Minum obat sesuai resep.
    Mengambil antibiotik ketika Anda tidak membutuhkannya akan menyebabkan bakteri yang tidak terbunuh menjadi kebal terhadap pengobatan, yang membuat mereka jauh lebih sulit untuk dibunuh dengan obat-obatan. Jangan pernah minum antibiotik kecuali Anda telah diresepkan, dan pastikan bahwa Anda menggunakan antibiotik yang diresepkan sepenuhnya.

Mencegah Flu

Dapatkan vaksinasi sebelum musim flu. Di AS, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) memantau tren dan statistik kesehatan global untuk mengembangkan vaksin untuk jenis virus flu yang tampaknya paling berbahaya tahun itu.  Vaksin flu ditawarkan di kantor dokter, klinik kesehatan, dan bahkan toko obat. Mereka tidak menjamin musim bebas dari penyakit flu, tetapi mereka melindungi terhadap berbagai jenis virus dan mengurangi kemungkinan Anda terkena flu sekitar 60%. Jika perlu, Anda bisa mendapatkan 2 atau 3. Ini menurunkan kemungkinan terkena flu. Tetapi jangan mengambil banyak suntikan karena itu dapat membuat Anda sakit atau menyebabkan masalah medis lain atau membunuh Anda dari dosis berlebihan (  Vaksin flu tersedia melalui suntikan atau semprotan hidung. Injeksi lebih bermanfaat dan beberapa dokter berhenti menggunakan semprotan hidung tetapi Anda selalu bisa bertanya!

    Di AS, sebagian besar kasus flu terjadi antara Oktober dan Mei, memuncak pada Januari atau Februari.
    Anda mungkin memiliki gejala ringan, seperti sakit, sakit kepala, atau demam ringan setelah mendapatkan vaksin. Ini adalah reaksi tubuh Anda untuk mengenal jenis virus, sehingga ia bisa mengenalinya dan melindungi Anda jika Anda melakukan kontak dengannya selama musim flu. Vaksin tidak menyebabkan flu.

20
2 Bicaralah dengan dokter Anda sebelum mendapatkan vaksin jika Anda memiliki kondisi tertentu. Secara umum, semua orang yang berusia di atas 6 bulan harus mendapatkan vaksin flu kecuali mereka memiliki kontraindikasi.  Jika Anda memiliki salah satu dari yang berikut ini, Anda harus berbicara dengan dokter Anda sebelum divaksinasi:

    Alergi parah terhadap telur ayam atau agar-agar
    Riwayat reaksi parah terhadap vaksinasi flu
    Penyakit sedang atau berat dengan demam (Anda bisa mendapatkan vaksin begitu demam sudah sembuh)
    Sejarah Sindrom Guillain-Barré (GBS)
    Kondisi kronis seperti penyakit paru-paru, penyakit jantung, gangguan ginjal atau hati, dll (hanya untuk vaksin semprotan hidung)
    Asma (hanya untuk vaksin semprotan hidung)

21
3 Pilih antara suntikan flu dan vaksin semprotan hidung. Vaksin flu tersedia sebagai suntikan dan sebagai semprotan hidung. Kebanyakan orang dapat memilih, tetapi Anda harus mempertimbangkan hal-hal seperti usia dan kondisi kesehatan Anda saat memutuskan.

    Juga, perlu diingat bahwa vaksin flu dibuat baru setiap tahun, sehingga efektivitasnya akan bervariasi. Vaksin hidung mungkin sangat rentan terhadap hal ini. Bicaralah dengan dokter Anda untuk mengetahui vaksin mana yang terbaik untuk Anda.
    Vaksin flu disetujui untuk anak-anak 6 bulan ke atas, serta wanita hamil dan orang-orang dengan sebagian besar kondisi medis kronis.
    Orang yang lebih muda dari 65 seharusnya tidak mendapatkan suntikan flu dosis tinggi. [49] Orang yang lebih muda dari 18 atau lebih dari 64 sebaiknya tidak mendapatkan suntikan flu intradermal, yang disuntikkan ke kulit alih-alih ke dalam otot. Anak-anak di bawah 6 bulan tidak bisa mendapatkan suntikan flu.
    Vaksin semprotan hidung disetujui untuk orang berusia antara 2 dan 49 tahun.
    Anak-anak di bawah 2 dan orang dewasa di atas usia 50 tidak dapat menggunakan vaksin semprot hidung. Anak-anak berusia 2 hingga 17 tahun yang menggunakan rejimen aspirin jangka panjang tidak dapat menggunakan vaksin semprot hidung. Anak-anak usia 2 hingga 4 tahun yang menderita asma sebaiknya tidak menggunakan vaksin semprot hidung.
    Wanita hamil dan orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah tidak boleh mendapatkan vaksin semprotan hidung. Pengasuh untuk orang-orang yang sistem kekebalan tubuhnya sangat terganggu tidak boleh mendapatkan vaksin semprotan hidung, atau menjauh dari orang-orang itu selama tujuh hari setelah vaksinasi.
    Anda tidak boleh menggunakan vaksin semprot hidung jika Anda telah menggunakan obat antivirus untuk flu dalam 48 jam terakhir.

4 Tanggapi flu dengan serius. Flu sangat menular, dan dapat menyebabkan komplikasi medis yang serius. Berkat vaksinasi, angka kematian akibat flu telah turun secara stabil selama beberapa dekade, dari 40 orang per 100.000 pada 1940-an menjadi 0,56 per 100.000 pada 1990-an. Namun, penting untuk mencari perawatan medis jika Anda menunjukkan gejala flu, dan melakukan yang terbaik untuk menghindari situasi menular.

    Pandemi H1N1 2009 menyebabkan lebih dari 2.000 kematian di seluruh dunia. CDC percaya bahwa pandemi semacam itu mungkin terjadi, terutama jika orang tidak mendapatkan vaksinasi yang memadai.
    Demam tinggi saja bisa sangat berbahaya. Tubuh Anda tidak dibangun untuk menangani suhu 106F atau lebih tinggi untuk periode waktu yang lebih lama, dan karena itu, protein di otak Anda bisa rusak, menyebabkan kerusakan otak sementara atau permanen.

23
5 Lakukan kebersihan yang baik. Sering-seringlah mencuci tangan, terutama setelah kembali dari jalan-jalan umum, adalah cara yang baik untuk menjaga diri dari terserang flu. Bawa tisu antibakteri untuk digunakan saat Anda berada di tempat tanpa wastafel dan sabun.

    Gunakan gosok atau sabun berbasis alkohol.
    Hindari menyentuh wajah Anda, terutama hidung, mulut, dan mata Anda.
    Tutupi hidung dan mulut Anda saat bersin atau batuk. Gunakan tisu jika Anda memilikinya. Jika tidak, bersin atau batuk ke siku, tetapi tidak pada tangan Anda - Anda cenderung menyebarkan kuman dengan cara ini.

6.Jaga kesehatan tubuh Anda secara umum. Makan dengan baik, mendapatkan dosis vitamin dan nutrisi harian yang direkomendasikan tubuh Anda, dan menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga adalah pertahanan yang baik terhadap flu. Jika itu menyerang, tubuh Anda akan diperlengkapi dengan baik untuk mengatasi penyakit.

    Mendapatkan cukup vitamin D dapat berperan dalam mencegah flu. Studi menunjukkan bahwa suplemen harian 1.200 IU per hari dapat membantu mencegah influenza A.  Sumber yang baik termasuk sinar matahari, ikan berlemak seperti salmon, dan susu yang diperkaya vitamin A dan D.
    Studi juga menunjukkan bahwa tidur dan makan pada waktu yang sama setiap hari dapat membantu tubuh Anda mempertahankan diri dengan lebih baik.

 

Kata Kunci Pencarian : | cara mengobati flu | cara mengobati flu pada bayi | cara mengobati flu dan batuk | cara mengobati flu secara alami | cara mengobati flu tanpa obat | cara mengobati flu singapura | cara mengobati flu pada ibu hamil | cara mengobati flu dengan bawang merah | cara m | produsen banda aceh | produsen langsa | produsen lhokseumawe | produsen sabang | produsen subulussalam | produsen binjai | produsen gunungsitoli | produsen medan | produsen padang sidempuan | produsen pematangsiantar | produsen sibolga | produsen tanjungbalai | produsen tebing tinggi | produsen bengkulu | produsen jambi | produsen sungaipenuh | produsen dumai | produsen pekanbaru | produsen bukittinggi | produsen padang | produsen solok | produsen lubuklinggau | produsen palembang | produsen prabumulih | produsen bandar lampung | produsen batam | produsen bandung | produsen batu | produsen bekasi | produsen bogor | produsen cilegon | produsen cimahi | produsen cirebon | produsen depok | produsen jakarta | produsen kediri | produsen madiun | produsen magelang | produsen malang | produsen mojokerto | produsen pasuruan | produsen pekalongan | produsen semarang | produsen serang | produsen sukabumi | produsen surabaya | produsen tasikmalaya | produsen tangerang | produsen yogyakarta | produsen pontianak | produsen singkawang | produsen banjarbaru | produsen banjarmasin | produsen balikpapan | produsen bontang | produsen samarinda | produsen denpasar | produsen gorontalo | produsen makassar | produsen kendari | produsen palu | produsen manado | produsen tomohon | produsen ambon | produsen jayapura | distributor banda aceh | distributor langsa | distributor lhokseumawe | distributor sabang | distributor subulussalam | distributor binjai | distributor gunungsitoli | distributor medan | distributor padang sidempuan | distributor pematangsiantar | distributor sibolga | distributor tanjungbalai | distributor tebing tinggi | distributor bengkulu | distributor jambi | distributor sungaipenuh | distributor dumai | distributor pekanbaru | distributor bukittinggi | distributor padang | distributor solok | distributor lubuklinggau | distributor palembang | distributor prabumulih | distributor bandar lampung |

Sponsor